REVIEW NOVEL Dalam Sebuah Kloset - Nenny Makmun

DALAM SEBUAH KLOSET

 

Halo semuanya hari ini aku akan membahas mengenai salah satu buku yang aku baca di Bulan Mei ini yaitu Dalam Sebuah Kloset karya Nenny Makmun. Aku membeli buku ini dibazar yang diadakan Gramedia. Ya, Gramedia memang sering mengadakan bazar-bazar buku ya, tapi jujur aku juga kurang tau jadwal pastinya kapan aja hehehe.

Oke awalnya yang membuat aku tertarik dengan buku ini adalah cover dan judulnya yang catchy. Sebenernya waktu itu aku lagi mencari buku-buku dengan genre komedi, nah berhubung judul buku ini termasuk unik dan agak nyeleneh aku kira genre buku ini komedi diawal, tapi ternyata bukan ya setelah aku membaca sinopsis bagian belakang buku yang isinya seperti ini:

 

“Beware! Kloset adalah tempat berkumpulnya para karyawati yang menunggu waktu jam kerja. Hal yang tabu diperbincangkan di permukaan sehari-hari akan menjadi nyaman dibicarakan di dalam sebuah kloset. Marina jadi mempunyai kebiasaan menguping segala gosip di toilet sebelum memasuki kantor.

Menurutnya, jam kerja kantornya terlampau siang sehingga membuat dia terbiasa bertahan lama disebuah kloset yang bertuliskan: Under Construction.

Berbagai gosip mengalir termasuk gosip tentang dia hingga suatu pagi dia harus mendengar gosip yang paling parah tentang perselingkuhan pacarnya sendiri.”

 

Menurutku inti alur ceritanya sudah tergambar cukup jelas dari sinposis diatas ya, tapi tenang karena untuk menuju ke inti cerita ini masih terdapat plot-plot cerita yang juga menarik dalam pengenalan karakter dan pembangunan suasananya.

Buku ini menceritakan kisah perjalanan Marina si tokoh utama dari masa remaja ketika dia masih SMA hingga akhirnya dia memasuki dunia kerja setelah dia menyelesaikan kuliahnya disalah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di daerah. Nah Marina ini memiliki semacam kenangan buruk terhadap kota Jakarta. Namun justru kota inilah yang akhirnya memberikan Marina kesempatan bekerja dari sekian banyak surat lamaran yang dia kirimkan. Yahhh memang terkadang realita engga sesuai dengan ekspektasi ya.

Setelah berbagai pertimbangan Marina memutuskan memberanikan diri untuk keluar dari zona nyamannya dan menghadapi Jakarta sebagai kota awal dia meniti karir di dunia kerja, meskipun masih tersimpan dengan rapi kenangan buruk akan kota ini.

Kehidupan sosial kota Jakarta terasa sangat berbeda bagi Marina yang sebelumnya menghabiskan kebanyakan harinya di daerah. Dan di kota yang terasa asing bagi Marina ini akhirnya malah menjadi kota yang mengenalkan banyak hal juga bagi Marina. Jakarta menjadi kota yang mempertemukannya dengan cinta, pertemanan, masa lalu, kerja keras, dan tentunya hal-hal menarik lain yang bisa kalian dapat jika membaca keseluruhan buku ini, okeeee?

Oke jadi dimana KLOSETnya?? Nahhhh part kloset atau toilet akan kalian temui  ketika kalian mulai membaca masa-masa Marina harus survive dengan lingkungan kantornya yang penuh persaingan dan individualis pada awalnya. Jadiiiii supaya engga terlalu spoiler detail ceritanya aku stop disini yaaaa.

Nah dari buku ini aku jadi tau ni bahwa bener juga kalau toilet bisa jadi tempat untuk dandan, bergosip, rehat sejenak, bahkan untuk mengetahui perangai seseorang. Wahh hebatkan yaa

Buku ini memiliki alur yang cepat dan termasuk buku ringan yang bisa dibaca dalam sekali duduk. Buku ini terdiri dari 206 halaman engga termasuk cover dan ditambah dengan font judul yang lucu serta ilustrasi toilet disetiap halamannya yang menjadi penambah daya tarik buku ini.  Aku rasa buku ini cukup relate untuk dibaca anak SMA, kuliah bahkan buat temen-temen yang udah kerja.

Hal yang menurutku agak kurang yaitu tentang beberapa part yang kesannya ditulis buru-buru gitu, jadi aku sebagai pembaca kayak lho..lhoo..kok udah gini aja ceritanyaaa. Tapi overall buku ini tetap enak untuk dibaca sambil santai mengisi waktu luang dan ketika lagi engga pengen baca topik yang berat-berat hehe. Oh iya penilaian ini subjektif dari aku ya, jadi buat temen-temen yang membaca buku ini akan menemukan hal menarik yang sama atau juga berbeda dengan aku, karena pada dasarnya aku bukan orang yang berkompeten mereview atau menilai karya seseorang hehe. Just review sebagai pembaca aja nih yaaaaa. Tetap membaca and see yaaa!!!!!!!

           

         


Komentar

Postingan Populer