Review Greenglass House - Kate Milford

Haloo semuanya berbeda dengan genre novel yang sudah aku review sebelumnya, dikesempatan kali ini aku akan mereview salah satu novel misteri yang aku baca diakhir bulan Juli ini. Novel yang aku rampungkan kali ini bisa dibilang termasuk middle grade mystery, dan merupakan novel misteri yang asik dan cukup ringan untuk dibaca, mengingat tokoh utamanya yang masih anak-anak.

Novel middle grade mystery  yang aku baca adalah Greenglass House karya Kate Milford yang merupakan buku pertama dari series Greenglass House yang keseluruhannya terdiri dari 5 buku. Aku membaca Greenglass House ini versi terjemahan bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Penerbit Tiga Serangkai.

Novel ini bercerita tentang misteri sebuah penginapan tua terpencil dengan para tamu-tamu aneh yang menyimpan rahasia masing-masing dan semuanya berkaitan dengan penginapan tua ini. Tokoh utama di dalam novel ini bernama Milo, si anak 12 tahun yang merupakan anak angkat dari pasangan pemilik penginapan dan Meddy yang merupakan akan koki di penginapan tersebut.

Beberapa hari sejak datangnya tamu-tamu aneh ini ke penginapan keluarga Milo, kemudian disusul dengan adanya beberapa kejadian janggal dan juga adanya kehilangan barang-barang yang dialami oleh beberapa tamu Greenglass House ini. Dikarenakan situasi yang semakin memanas dan adanya saling tuduh yang dilakukan antar tamu-tamu penginapan, Milo dan Meddy memutuskan untuk mencari tahu dalang dibalik kehilangan yang terjadi dan menguak misteri yang berhubungan dengan penginapan tuanya dan juga tamu-tamunya yang dirasa aneh serta memiliki motif tersembunyi.

Next to my honestly review..

Aku suka dengan middle grade mystery seperti Greenglass House ini, karena misteri yang diangkat engga terlalu berat, tapi unsur misteri dan teka-teki di dalam buku ini tetap asyik untuk diikuti. Apalagi tokoh utama yang merupakan anak-anak dimana mereka bisa menggabungkan unsur imajinasi dan logika dalam proses mereka memecahkan suatu persoalan. Novel ini juga menunjukkan kalau anak-anak yang terkadang kurang diperhatikan justru memiliki peluang yang lebih besar dalam menyelesaikan persoalan, dan mereka ini lebih jeli dengan keadaan sekitar. So, jangan pernah meremehkan potensi anak-anak yash!!!

Dari segi cerita aku benar-benar suka, bahkan aku sampai menyiapkan catatan tersendiri untuk menganalisis orang-orang yang ada di Greenglass House ini, Hehehe. Bahasa yang digunakan juga cukup mudah dipahami jadi ketika membaca tiap bagiannya mudah untuk mengetahui alur ceritanya, kecuali memang dipart-part yang aku rasa penting dan merupakan clue, itu pasti aku ulang dan tandai sih. Dan tentunya isu keluarga yang juga dibahas cukup menyentuh.

Hal-hal yang menurut aku kurang sreg dengan novel ini, yaitu berkaitan dengan visualisasi di dalam novel ini. Karena ada beberapa hal yang menurutku perlu ada ilustrasi gambarnya secara jelas di dalam buku, selain gambaran yang diberikan penulis melalui tulisan tentunya. Jujur aku kurang bisa membayangkan beberapa benda dan juga detail bangunan Greenglass House ini. Menurutku dengan adanya tambahan ilustrasi untuk peta dan benda yang dibahas di dalam buku, akan memudahkan pembaca untuk lebih tahu terkait dengan apa yang memang ingin penulis gambarkan melalui deskripsinya. Juga tambahan gambaran denah Greenglass House sangat perlu dilampirkan sih.

Last…..

Oke kesimpulannya buku ini termasuk buku misteri teka-teki yang asik dengan alur yang mudah dipahami dan plot twist yang membuat aku atau mungkin kamu berkata “Hah? Kok bisa gini sih? Hah…gimana…gimana??” hehe. Dan sebagai tambahan menurutku perlu adanya ilustrasi gambar untuk menambah nilai plus buku ini. Meskipun novel ini merupakan buku pertama dari seriesnya, jujur ketika aku selesai membaca buku ini, untuk alur aku engga merasa gantung sama sekali, tapi memang ada beberapa part  perlu ada pejelasan yang lebih dan itu mungkin aka nada di buku selanjutnya.

Buku ini cocok untuk dibaca semua kalangan atau kamu-kamu si penggemar novel misteri terutama middle grade mystery tentunya. Aku engga membatasi usia untuk kamu yang mau membaca novel ini ya. Aku rasa anak SD atau SMP bisa banget untuk membaca novel ini. Apalagi kalau kamu sudah diusia yang lebih dari itu, dua kata deh buat kamu “very recommended!”. Okayyy See Ya!!


Komentar

Postingan Populer